Review “HUMAN SENSE TOUCH AND VISION.AVI”



Diupload oleh            : Jamaltata
Chanel (kanal)           : Jenin jenin
Durasi video             : 10 menit
Tanggal Diupload      : 10 Januari 2009

          Pemahaman akan kesadaran bahwa tubuh yang diciptakan oleh Yang Maha Esa selama ini kurang mendapat perhatian. Tanpa disadari bahwa sebenarnya tubuh kita ini memiliki banyak misteri yang terselubung. Kita tidak dapat menyelami kemampuan Sang Ilahi, mungkin selama ini kita acuh tak acuh dengan tubuh yang sebenarnya terbalut oleh kelima panca indera yang luar biasa fungsi dan kegunaannya. Namun apabila kita tidak mengetahuinya, maka kita akan mengalami kesulitan dalam beradaptasi dengan orang disekitar kita. Bukan hanya manusia yang memiliki panca indera, hewan pun juga memilikinya. Namun tetap saja, sebagai makhluk yang paling istimewa dari segala makhluk hidup lainnya, kita memiliki perbedaan yang mencolok terhadap fungsi dan kegunaan panca indera dibandingkan yang dimiliki hewan.

          Tidak banyak peneliti yang merangkum penelitiannya dalam bentuk video unik seperti yang telah saya lihat ini, khususnya di Indonesia. Karena pada dasarnya, pelajaran tidak sealamanya hanya dalam bentuk riset melalui tulisan saja, namun alangkah lebih menariknya jika dituangkan dalam bentuk gambar begerak atau video, yang mungkin dibatasi dengan waktu penayangannya (durasi). Seperti halnya video yang diberi judul “Human Sense Touch and Vision” yang telah di upload oleh Jamaltata pada 10 Januari, 7 tahun silam ini, yang dari judulnya saja kita sudah mengetahui apa isi yang akan disampaikan dalam setiap videonya. Kebetulan video ini dibagi menjadi 4 bagian dan masing-masing dibagi secara proporsional yaitu berdurasi 10 menitan dalam setiap videonya.

          Secara keseluruhan video ini menambah banyak wawasan yang walaupun secara personal saya merasa tidak kuat menahan ketakutan karena beberapa adegan yang ditanyangkan sedikit mencekam namun mengundang rasa penasaran dari satu adegan ke adegan lainnya. Menariknya, setiap bagian dalam video ini bukan hanya menyingkap tentang panca indera saja melainkan juga menerangkan tentang kolerasinya dengan interaksi manusia dengan sesama manusia serta dengan lingkungannya. Hal itulah yang menjadi kelebihan dalam video ini, sehingga kita sebagai manusia bukan hanya sadar memiliki panca indera yang berfungsi canggih namun juga melihat dari sudut pandang yang berbeda yaitu melalui panca indera yang kita miliki sebagai dasar dari manusia untuk berkomunikasi yaitu melalui penglihatan, peraba-sentuhan, penciuman dan rasa, serta perdengaran.

          Dimana dalam video ini juga menerangkan bagaimana kekuatan sugesti dalam pemikiran. Sugesti tersebut dapat mempengaruhi perilaku dan perasaan seseorang tergantung dengan perkataan dari yang menyugesti tersebut. Hal tersebutlah yang lagi-lagi menjadi kelebihan yang tersirat dari video tersebut, sehingga siapapun yang menonton video tersebut mendapat pencerahan dan terbuka pemikirannya karena selama ini tidak menyadari bahwa proses komunikasi juga dapat dilakukan melalui tindakan sugesti. Contoh kecilnya ialah disaat kita diberikan obat penahan rasa sakit, yang mungkin selama ini kita yakini berkhasiat, namun dalam video ini sama sekali tidak seperti yang kita pikirkan, yang tanpa sadar saya tercengang dan mengingat kepolosan saya yang bergantung pada perkataan dokter.

          Mungkin banyak diantara kita mengalami hal yang sama, maka dari itulah video ini dapat menjadi sebuah rujukan dalam mengetahui bagaimana sebenarnya kehidupan manusia melalui interaksinya dengan menggunakan panca indera yang dimiliki. Namun, tetap saja suatu karya yang terbaik sekalipun tentu akan memiliki kekurangan. Nah sama halnya dengan video ini, karena memang diproduksi oleh BBC yang notabene menggunakan bahasa Inggris, sehingga secara personal saya sebagai orang Indonesia kualahan dalam memahami makna yang terkandung dalam video tersebut. Dari segi penggunaan bahasa melalui transkip yang ditampilkan selama video berlangsung, terdapat kesenjangan bahasa yang tidak sesuai antara kalimat yang dituliskan dengan yang dikatakan. Namun terlepas dari kekurangan tersebut, video ini banyak menambah wawasan dan membuka pemikiran saya khususnya. Dan saya merekomendasikan bagi kamu-kamu, yang selama ini mungkin awam dengan hal-hal yang berkaitan dengan panca indera yang mungkin selama ini selalu dikaitkan dengan ilmu pengetahuan dan logika, namun ternyata juga berkaitan dengan komunikasi terhadap individu/ kelompok  serta interaksi sosial dengan lingkungan sekitar. Nah, tunggu apalagi, selamat menikmati sensasi dalam setiap videonya! :)


Komentar

Entri Populer