RESENSI KARYA FIKSI (NOVEL)





                     
Judul Buku                 :           The Truth About Forever
Penulis                        :           Orizuka
Penerbit                     :           Gagas Media
Tahun Terbit              :           2013 (cetakan kedua)
Jumlah Halaman          :           304 halaman
Harga Buku                 :           Rp30.000

The Truth About Forever, begitulah judul buku yang di tulis oleh Okke Rizka Septania yang dikenal dengan sapaan Orizuka. Salah satu penulis favorit saya yang coretan tulisannya menjadi inspirasi saya dalam menyukai bidang tulis-menulis. Sedikit membahas tentang salah satu karya fiksinya yang berbentuk novel ber-genre romance ini yang dikemas dengan bahasa, alur dan tak lupa karakter setiap tokoh yang sukses dituliskan dalam sebuah rangkaian cerita. Novel ini mengisahkan hiruk-pikuk kehidupan seorang pria dan wanita yang memiliki kepribadian yang bertolak-belakang. Hal ini menjadikan konflik berkepanjangan dalam kehidupan pertemanan mereka namun berujung pada percintaan walaupun nyaris tak terbalaskan. Menyenangkan, menegangkan dan mengharukan adalah testimoni singkat dari sebagian besar pembaca yang pernah saya selidiki. Sehingga novel ini sampai ditangan saya dan dengan bahagia saya menghabiskan novel perdana yang sangat berkesan ini.

Kana dan Yogas adalah nama pemeran yang digunakan oleh Orizuka dalam melakoni masing-masing peran pada rentetan kisah progresif hubungan mereka. Tak lupa juga didukung oleh pemeran-pemeran tambahan yang membuat alur ceritanya menjadi semakin menarik. Alur yang digunakan juga merupakan alur maju mundur, dimana rangkaian cerita disesuaikan dengan latar tempat, waktu dan suasana yang sesuai, sehingga pembaca dengan mudah terbawa dalam arus cerita yang disajikan oleh penulis. Bahasa yang digunakan pun komunikatif dan sederhana sehingga para pembaca yang awam sekalipun dapat menikmati setiap kalimat yang dituangkan dan dengan mudah terlarut didalamnya. Novel ini juga memiliki misteri cerita yang tidak tertebak sebelumnmya. 

Berbeda dengan karya fiksi yang berupa novel lainnya, yang dari judulnya saja dapat mendeskripsikan jalan cerita yang ingin disampaikan oleh penulis sehingga dapat langsung dibayangkan sebelum membaca keseluruhannya. Namun penulis yang menyadari bahwa bidang tulis-menulis merupakan passion hidupnya ini mampu totalitas dalam berkarya sehingga karyanya tidak mudah tertebak tetapi menyimpan tanda tanya yang menarik pembaca untuk mengonsumsi karyanya tersebut. Bila ditinjau dari segi penokohan setiap karakter yang dikisahkan dalam novel ini, penulis dengan sangat baik memerankan setiap lakon dengan menggunakan sudut pandang orang ketiga. Dimana hal ini dapat mempengaruhi pembaca dalam menghayati setiap peran tokoh tersebut.

Berfokus pada karakter yang diungkapkan pada novelnya ini bahwa penulis dengan cermat melihat kondisi pembaca dan seakan mengerti pemikiran pembaca dan mencoba memberikan nuansa baru sehingga dalam menanggapi konfik dan menyelesaikannya ada hal-hal yang mungkin selama ini tidak terpikirkan oleh pembaca. Mengingat bahwa dalam karyanya, Orizuka menuliskan sepenggal kisah hidup manusia yang walupun fiksi namun terlihat nyata dan dekat dengan kehidupan sehari-hari. Penulis yang baik merupakan penulis yang mampu memberikan pemahaman baru dan cara berpikir yang baru dalam berproses menyelesaikan masalah kehidupan dan Orizuka berhasil melakukannya pada karya ini. Karakter utama yang dipilih Orizuka pun sangat menantang dan menambah wawasan baru seputar du kepribadian yang bertolak belakang. Pembaca dapat merasakan emosi yang dimainkan oleh karakter yang kuat didukung dengan pemilihan nama yang sesuai dengan karakter yang dituliskan. Walaupun novel ini sad ending, namun Orizuka berhasil memukau dan  memikat hati pembaca dengan karya fiksinya.



Komentar

Entri Populer